Tourist Information Center Mobile

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta melakukan uji coba layanan Tourist Information Center Mobile (TICM) di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT) Cipinang Indah dan Jalan Lingkar Duren Sawit, Jakarta Timur, mulai 15 sampai 21 Maret 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Parekraf DKI Jakarta, Jonie P Rumimper mengatakan, masyarakat yang membutuhkan informasi tentang pariwisata di Jakarta seperti wisata belanja, kuliner, rekreasi, dan wisata warisan budaya bisa mendatangi TICM.

TICM juga menyediakan buku yang berisikan informasi berbagai wisata kuliner dan warisan budaya di Jakarta. Selain itu, ada juga pocket map, peta beserta rute perjalanan atau askes transportasi publik untuk menuju titik lokasi wisata yang ada di Jakarta.

“TICM disiagakan selama tiga hari di masing-masing lokasi secara bergantian mulai pukul 10.00 sampai 16.00,” ujarnya, Rabu (16/3).

Jonie menjelaskan, warga yang datang ke TICM mayoritas mencari informasi terkait destinasi wisata yang dibuka untuk umum selama PPKM Berbasis Mikro beserta jadwal operasionalnya.

“Ada juga yang bertanya destinasi wisata baru di Jakarta apa saja, kemudian syarat berkunjung ke tempat-tempat wisata. Kita sosialisasikan terus. Mereka juga bebas baca dan bawa pulang brosur atau buku informasi yang kami sediakan,” terangnya.

Ia menambahkan, dengan adanya TICM wisata di Jakarta makin mudah ditemukan dan juga bisa melayani secara langsung bila ada masyarakat yang membutuhkan informasi wisata baik wisata belanja, kuliner, rekreasi, dan lain-lain.

“Tujuan uji coba TICM ini untuk melihat respons masyarakat dengan harapan dapat berperan aktif mendatangi masyarakat memberikan informasi terkait pariwisata secara umum,” tandasnya.

Untuk diketahui, TICM merupakan layanan jemput bola penyedia informasi pariwisata di Jakarta warga. Unit ini dilengkapi staf atau petugas yang akan melayani warga menjelaskan seputar destinasi wisata di Jakarta. (hop)

By admin